Kereta Api Indonesia, Sudah Maju atau Masih Tertinggal?

          Berbicara tentang dunia transportasi di Indonesia, tentunya tak lepas dari peran kereta api. Ya, kini kereta api menjelma sebagai sarana transportasi yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal ini tak terlepas dari transformasi besar – besaran dunia kereta api Indonesia. Kereta api yang dulunya sering mengalami keterlambatan kini sangatlah tepat waktu. Kereta api yang dulunya dipandang sebagai sarana transportasi yang tidak nyaman, kini menjadi sarana transportasi yang sangat nyaman. Stasiun yang dulu dipandang tempat yang kumuh, kini sangatlah bersih dan nyaman bagi penumpang. Ya, industri kereta api Indonesia telah mengalami transformasi yang pesat. Kemajuan demi kemajuan terus digalakkan demi terciptanya kereta api Indonesia sebagai sarana transportasi yang memadahi. Sebagai warga Negara Indonesia kita patut berbangga terhadap perubahan demi perubahan yang telah dilakukan Pemerintah terhadap sarana transportasi yang satu ini.
          Namun dengan banyaknya perubahan dalam tubuh kereta api Indonesia, tentu semua hal tersebut masihlah jauh dari sempurna. Seringkali kita masih mendengar tentang adanya kecelakaan di dalam perlintasan kereta api. Entah itu dikarenakan perlintasan kereta tanpa palang pintu. Terkadang juga terjadi kecelakaan karena masih banyak sekali pemukiman penduduk yang sangat dekat dengan perlintasan kereta api. Tak bisa dipungkiri hal seperti ini tidak bisa kita salahkan kepada pengelola jasa kereta api, karena terkadang masih banyak warga masyarakat yang lalai akan keamanan di area perlintasan kereta api. Lantas bagaimana caranya agar kecelakaan di perlintasan kereta api dapat dikurangi?. Mari kita bersama telusur lebih lanjut ke kota – kota besar di dunia. Kita ambil beberapa contoh yaitu : Kota London, Inggris; Kota Moskow, Rusia; Kota Tokyo, Jepang. Di kota – kota yang disebutkan diatas sudah menggunakan sistem kereta api bawah tanah. Selain untuk mempercepat perjalanan, tentunya kereta api di bawah tanah tersebut lebih aman dari kecelakaan akibat aktivitas masyarakat sehari – hari. Dengan sistem kereta api bawah tanah ini tentunya tak perlu lagi ada palang pintu yang memberhentikan kendaraan yang akan melewati perlintasan rel kereta api. Selain itu juga tidak akan ada lagi pemukiman penduduk di sekitar perlintasan rel kereta api. Memang di Indonesia saat ini tepatnya di Jakarta sedang berlangsung pembangunan MRT yang berada di bawah tanah. Tentunya ini merupakan perkembangan yang sangat pesat juga. Bisa kita bayangkan bersama bagaimana jika seluruh sistem kereta api di Indonesia berada di bawah tanah, pastinya kereta api akan menjadi primadona sarana transportasi. Namun, semua itu masih sangat jauh dari pelupuk mata. Disamping besarnya biaya yang diperlukan untuk pembangunan sarana dan prasarana, untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan dukungan dari banyak pihak. Namun, tak ada salahnya kita berharap bersama agar suatu saat nanti hal ini dapat terwujud. Mungkin untuk saat – saat terdekat ini untuk mengurangi kecelakaan – kecelakaan yang telah disebutkan diatas adalah dengan membenahi sarana dan prasarana keamanan di perlintasan kereta api. Penambahan palang pintu sangat diperlukan agar tak ada lagi perlintasan tanpa palang pintu. Selain itu pemerintah harus lebih tegas tentang batas kawasan penduduk disekitaran perlintasan kereta. Hal ini agar tidak lagi banyak kawasan penduduk di pinggir perlintasan kereta. Selain itu pemerintah dan pengelola jasa kereta api harus bersinergi untuk memberi kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan di sekitar area perlintasan kereta api.
          Selain perkembangannya yang sangat pesat saat ini kereta api kini telah banyak menghubungkan daerah – daerah di Indonesia. Sesuai dengan Ramalan Jayabaya yang mengatakan “Tanah Jawa kalungan wesi” atau dalam bahasa Indonesia berarti tanah jawa yang berkalung besi, kini telah terwujud dengan rel kereta api yang menghubungan hampir seluruh bagian di pulau jawa. Namun seiring perkembangan zaman kini jalur kereta api tidak hanya ada di Pulau Jawa. PT. KAI sebagai perusahaan pengelola kereta api di Indonesia telah membangun jalur kereta api baik di Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, maupun di Papua. Dengan begitu jalur kereta api telah ada di seluruh kepulauan besar di Indonesia. Dengan begitu perkembangan kereta api Indonesia sudah sangatlah pesat. Jika semua pulau sudah ada jalur perlintasan kereta api lantas apakah lagi yang masih kurang?. Mungkin bisa kita bayangkan bersama betapa indahnya apabila jalur kereta api dapat menjadi penghubung antar pulau di Indonesia. Kita telisik terlebih dahulu tentang kereta api di luar negeri, di negara tetangga kita Jepang terdapat Seikan Tunnel yaitu jalur kereta api bawah laut yang menghubungkan Pulau Honshu dengan Pulau Hokkaido. Selain itu di Eropa sana terdapapt Channel Tunnel yaitu terowongan bawah laut yang melewati Selat Dover menghubungkan Inggris dengan Perancis. Tentunya ada harapan di benak kita bersama apabila di Indonesia nantinya bisa mempunyai jalur kereta api di bawah laut. Bisa kita bayangkan bagaimana hebatnya apabilai Pulau Sumatera dan Pulau Jawa bisa terhubung dengan jalur bawah laut. Ditambah lagi dengan indahnya keragaman bawah laut Indonesia, pastinya perjalanan di bawah laut tersebut akan sangat menyenangkan. Ya, kembali lagi kita harus bersabar apabila di Indonesia ingin adanya kereta api bawah laut. Namun bila hal ini bisa terwujud tentunya Indonesia akan mengalami kemajuan yang sangat pesat.

          Setelah menelisik bersama dan membandingkan perkembangan kereta api Indonesia dengan contoh dari beberapa negara di luar sana. Tentunya muncul pertanyaan bersama apakah dunia kereta api Indonesia sudah maju atau masih tertinggal?. Sebuah pertanyaan yang tentunya bisa kita renungkan bersama. Namun dengan semua hal itu kita selayaknya sudah bangga dengan perkembangan kereta api Indonesia, kita patut berterima kasih kepada PT. KAI sebagai pengelola kereta api Indonesia. Tanpa adanya kerja keras dari mereka tentunya kita tidak akan melihat perkembangan kereta api Indonesia seperti saat ini. Semoga di masa yang akan mendatang kereta api sebagai sarana transportasi masyarakat dapat terus berbenah diri, agar nantinya menjadi primadona di dunia transportasi Indonesia. 


Semarang, 19 September 2017
Titus Adhi Sukmana

Kereta Api Indonesia, Sudah Maju atau Masih Tertinggal? Kereta Api Indonesia, Sudah Maju atau Masih Tertinggal? Reviewed by Unknown on September 19, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.